Teks -- Yohanes 9:32-41 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 9:34
Full Life: Yoh 9:34 - MEREKA MENGUSIR DIA KE LUAR.
Nas : Yoh 9:34
Hal yang terbaik yang dialami oleh orang yang lahir buta itu ialah
diusir dari agamanya yang semula. Jikalau diizinkan tinggal dalam...
Nas : Yoh 9:34
Hal yang terbaik yang dialami oleh orang yang lahir buta itu ialah diusir dari agamanya yang semula. Jikalau diizinkan tinggal dalam rumah sembahyang dia akan kembali dalam tradisi Yudaisme dan terpisah dari Kristus dan Injil. Dewasa ini hal yang sama dapat terjadi pada mereka di dalam gereja-gereja yang suam-suam kuku atau organisasi agama yang tidak ikut Alkitab. Apabila mereka tinggal di dalam gereja atau sistem itu, mereka dapat kehilangan kerinduan mereka akan kekristenan alkitabiah yang sejati dan kembali menganut cara-cara formalisme keagamaan. Yang terbaik adalah memisahkan diri dari segala yang tidak berasal dari Allah, supaya Kristus dapat menghampiri kita dalam arti kata yang sesungguhnya (ayat Yoh 9:35-38).
Jerusalem: Yoh 9:32 - memelekkan mata orang yang lahir buta Penyembuhan orang yang lahir buta itu menurut pandangan penginjil kiranya melambangkan baptisan, kelahiran kembali dari air dan Roh Kudus, Yoh 3:3-7. ...
Penyembuhan orang yang lahir buta itu menurut pandangan penginjil kiranya melambangkan baptisan, kelahiran kembali dari air dan Roh Kudus, Yoh 3:3-7. Ada banyak kesamaan antara Yoh 3:1-21 dan Yoh 9.
Jerusalem: Yoh 9:39 - barangsiapa yang dapat melihat Ialah orang yang puas pada diri dan yang percaya pada terangnya sendiri, bdk Yoh 9:24,29,34. Mereka dilawankan dengan orang yang rendah hati, yang dil...
Ialah orang yang puas pada diri dan yang percaya pada terangnya sendiri, bdk Yoh 9:24,29,34. Mereka dilawankan dengan orang yang rendah hati, yang dilambangkan oleh orang yang lahir buta itu. Bdk Ula 29:3; Yes 6:9 dst.; Yer 5:21; Yeh 12:2.
Artinya mengaku diri sebagai buta.
Ende: Yoh 9:13-34 - -- Pertjakapan ini diberikan oleh Joanes begitu terperintji untuk menondjolkan
keragu-raguan dan kegelisahan orang Jahudi, jang njata kehilangan akal, da...
Pertjakapan ini diberikan oleh Joanes begitu terperintji untuk menondjolkan keragu-raguan dan kegelisahan orang Jahudi, jang njata kehilangan akal, dan meraba-raba takkeruan dalam kegelapan pembentjiannja.
Ende: Yoh 9:36 - -- Membuang keluar". Barangkali berarti bahwa orang itu dikutjilkan dari sinagoge,
jaitu dari segala hubungan keagamaan umat Israel.
Membuang keluar". Barangkali berarti bahwa orang itu dikutjilkan dari sinagoge, jaitu dari segala hubungan keagamaan umat Israel.
Ende: Yoh 9:39 - Untuk menghukum Orang-orang jang insjaf akan kegelapan dalam batinnja dan
ingin melihat, artinja rela pertjaja, akan dibuka matanja dan melihat tjahaja
abadi, sedangk...
Orang-orang jang insjaf akan kegelapan dalam batinnja dan ingin melihat, artinja rela pertjaja, akan dibuka matanja dan melihat tjahaja abadi, sedangkan mereka jang dalam kesombongannja menjangka, bahwa pikirannja terang dan tak usah diadjari lagi, akan tetap buta terhadap kebenaran satu-satunja jang dapat menjelamatkan mereka. Dalam utjapan Jesus ada terkandung arti ini pula, jakni bahwa sikap orang terhadap tjahaja kebenaran Ilahi jang disampaikan Jesus, akan menentukan keputusan Allah pada pengadilan terachir terhadap mereka,jaitu apakah mereka akan masuk kegelapan abadi atau akan menikmati tjahaja abadi untuk selama-lamanja.
Ref. Silang FULL: Yoh 9:34 - dalam dosa // ke luar · dalam dosa: Yoh 9:2
· ke luar: Yoh 9:22,35; Yes 66:5
· dalam dosa: Yoh 9:2
· ke luar: Yoh 9:22,35; Yes 66:5
Ref. Silang FULL: Yoh 9:35 - Percayakah // Anak Manusia · Percayakah: Yoh 3:15; Yoh 3:15
· Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20
· percaya kepada-Nya: Rom 10:14
· sujud menyembah-Nya: Mat 28:9
Ref. Silang FULL: Yoh 9:39 - dalam dunia // untuk menghakimi // dapat melihat // menjadi buta · dalam dunia: Yoh 3:19; 12:47
· untuk menghakimi: Yoh 5:22; Yoh 5:22
· dapat melihat: Luk 4:18
· menjadi buta: Mat 13:13
· dalam dunia: Yoh 3:19; 12:47
· untuk menghakimi: Yoh 5:22; [Lihat FULL. Yoh 5:22]
· dapat melihat: Luk 4:18
· menjadi buta: Mat 13:13
· tetaplah dosamu: Yoh 15:22,24
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 9:32; Yoh 9:13-34; Yoh 9:32; Yoh 9:1-41; Yoh 8:12--10:42; Yoh 1:19--10:42; Yoh 9:33; Yoh 9:33; Yoh 9:34; Yoh 9:34; Yoh 9:35; Yoh 9:35-41; Yoh 9:35; Yoh 9:36; Yoh 9:36; Yoh 9:37; Yoh 9:37; Yoh 9:38; Yoh 9:38; Yoh 9:39; Yoh 9:39; Yoh 9:40; Yoh 9:40; Yoh 9:41; Yoh 9:41
Hagelberg: Yoh 9:32 - -- 9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara ...
9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara raja Aram dibutakan melalui doa Elisa, mereka ditangkap, dan kemudian mata mereka dicelikkan melalui doa Elisa, tetapi mukjizat itu lain dari peristiwa Yohanes pasal 9.779 Mereka tidak lahir buta. Mukjizat ini memang luar biasa dan unik.
Hagelberg: Yoh 9:13-34 - -- b. Penyelidikan orang-orang Farisi (9:13-34)
Semula orang-orang Farisi itu berusaha untuk menyangkal bahwa sebuah tanda terjadi. Namun adanya mukjizat...
b. Penyelidikan orang-orang Farisi (9:13-34)
Semula orang-orang Farisi itu berusaha untuk menyangkal bahwa sebuah tanda terjadi. Namun adanya mukjizat ini tidak dapat disangkal. (Secara tidak langsung mereka mengakui adanya mukjizat dalam penghinaan yang mereka lemparkan kepada orang yang disembuhkan dalam ayat 34.) Karena adanya tanda itu tidak dapat disankal, mereka berusaha untuk menyangkal apa yang ditandai oleh tanda itu. Mereka berusaha untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa.
Dalam bagian ini orang-orang Farisi membuktikan bahwa mereka tidak mencari kebenaran. Mereka membuktikan bahwa mereka buta secara rohani. Apa yang dibahas dalam pasal 8 dinyatakan dalam bagian ini. Justru itu yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus.
i. Penyelidikan yang pertama (9:13-17)
9:13 Lalu mereka membawa orang yang tadinya buta itu kepada orang-orang Farisi.
Tujuan mereka tidak dijelaskan, tetapi kita tidak harus berpikir bahwa mereka mempunyai tujuan yang negatif. Mereka hanya merasa bahwa sebaiknya ahli agama, yaitu orang-orang Farisi, diberitahu tentang peristiwa ini yang luar biasa. Mereka tidak pergi kepada orang-orang Saduki, karena mereka tidak mau mengadili dia. Rupanya mereka hanya membawa orang yang disembuhkan kepada pemimpin rumah ibadah mereka.
Hagelberg: Yoh 9:32 - -- 9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara ...
9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara raja Aram dibutakan melalui doa Elisa, mereka ditangkap, dan kemudian mata mereka dicelikkan melalui doa Elisa, tetapi mukjizat itu lain dari peristiwa Yohanes pasal 9.779 Mereka tidak lahir buta. Mukjizat ini memang luar biasa dan unik.
Hagelberg: Yoh 9:1-41 - -- 2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan...
2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan mereka yang melawan Dia adalah pendusta dan pembunuh. Pasal ini membuktikan pokok yang sama melalui suatu mukjizat serta reaksi mereka.
Suasana pasal ini lebih tenang daripada suasana akhir pasal 9, tetapi pada pasal 10:39 mereka berusaha lagi untuk mengangkap Dia.752
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 9:33 - -- 9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa...
9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa mereka akan berkata bahwa kuasa Iblis mecelikkan mata orang yang buta sejak lahir, apakah Iblis lebih hebat daripada Allah?
Hagelberg: Yoh 9:33 - -- 9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa...
9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa mereka akan berkata bahwa kuasa Iblis mecelikkan mata orang yang buta sejak lahir, apakah Iblis lebih hebat daripada Allah?
Hagelberg: Yoh 9:34 - -- 9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tid...
9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tidak siap mengaku Yesus sebagai Mesias atau nabi, dan mereka tidak suka ditantang dengan tantangan yang tidak dapat dijawab. Jadi, mereka mengejek dia.
Ejekan mereka bertentangan dengan pernyataan Tuhan Yesus dalam ayat 3, bahwa dosa tidak menimbulkan kebutaan ini. Terkandung dalam ejekan ini mereka ada pengakuan bahwa ia lahir buta, dan bahwa ia disembuhkan, namun mereka diikat oleh kekerasan hati mereka, dan mereka tidak mengaku bahwa Yesus datang dari Allah.
Mereka tidak mengingat Yesaya 29:18; 35:5: atau 42:7, yaitu janji-janji bahwa kedatangan Kerajaan Allah akan ditandai dengan mukjizat penyembuhan, termasuk penyembuhan mata yang buta.
Pada waktu kita membaca pasal 8:44 ("Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran...") mungkin kita merasa bahwa pernyataan itu agak keras. Namun sekarang, setelah kita membaca mengenai peristiwa ini, dan mengetahui mengenai kekerasan hati mereka terhadap kebenaran yang begitu nyata, rasanya pernyataan Tuhan Yesus tepat.
Hagelberg: Yoh 9:34 - -- 9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tid...
9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tidak siap mengaku Yesus sebagai Mesias atau nabi, dan mereka tidak suka ditantang dengan tantangan yang tidak dapat dijawab. Jadi, mereka mengejek dia.
Ejekan mereka bertentangan dengan pernyataan Tuhan Yesus dalam ayat 3, bahwa dosa tidak menimbulkan kebutaan ini. Terkandung dalam ejekan ini mereka ada pengakuan bahwa ia lahir buta, dan bahwa ia disembuhkan, namun mereka diikat oleh kekerasan hati mereka, dan mereka tidak mengaku bahwa Yesus datang dari Allah.
Mereka tidak mengingat Yesaya 29:18; 35:5: atau 42:7, yaitu janji-janji bahwa kedatangan Kerajaan Allah akan ditandai dengan mukjizat penyembuhan, termasuk penyembuhan mata yang buta.
Pada waktu kita membaca pasal 8:44 ("Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran...") mungkin kita merasa bahwa pernyataan itu agak keras. Namun sekarang, setelah kita membaca mengenai peristiwa ini, dan mengetahui mengenai kekerasan hati mereka terhadap kebenaran yang begitu nyata, rasanya pernyataan Tuhan Yesus tepat.
Hagelberg: Yoh 9:35 - -- 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata, "Percayakah engkau780 kepada Anak Manusia?...
Hagelberg: Yoh 9:35-41 - -- c. Penglihatan orang buta dan kebutaan orang yang dapat melihat (9:35-41)
Kisah ini masih harus diselesaikan, karena iman orang buta yang disembuhkan ...
c. Penglihatan orang buta dan kebutaan orang yang dapat melihat (9:35-41)
Kisah ini masih harus diselesaikan, karena iman orang buta yang disembuhkan itu masih belum lengkap, dan Tuhan Yesus belum menarik kesimpulan yang menguraikan keadaan hati orang-orang Farisi yang menyoal Dia. Bagi orang Yahudi yang merenungkan Injil Kristus, kisah ini serta ringkasannya menegaskan bahwa para pemimpin agama Yahudi tetap melawan Tuhan Yesus dan pengikut-Nya.
Hagelberg: Yoh 9:35 - -- 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata, "Percayakah engkau780 kepada Anak Manusia?...
Hagelberg: Yoh 9:36 - -- 9:36 Jawabnya, "Siapakah Dia, tuan782? Supaya aku percaya kepada-Nya."
Dia belum pernah melihat wajah Tuhan Yesus, tetapi dia mengingat suara yang ber...
Hagelberg: Yoh 9:36 - -- 9:36 Jawabnya, "Siapakah Dia, tuan782? Supaya aku percaya kepada-Nya."
Dia belum pernah melihat wajah Tuhan Yesus, tetapi dia mengingat suara yang ber...
Hagelberg: Yoh 9:37 - -- 9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti ...
9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti penuh sukacita, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dialah yang harus dipercayai. Perkataan ini mirip kata-Nya kepada perempuan itu di Sumur Yakub dalam pasal 4:26.
Hagelberg: Yoh 9:37 - -- 9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti ...
9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti penuh sukacita, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dialah yang harus dipercayai. Perkataan ini mirip kata-Nya kepada perempuan itu di Sumur Yakub dalam pasal 4:26.
Hagelberg: Yoh 9:38 - -- 9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padah...
9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padahal bagi orang Yahudi hanya Tuhan Allah yang boleh disembah. Iman orang ini sudah meningkat menjadi mantap. Ayat ini adalah satu--satunya di seluruh Injil Yohanes yang menceritakan orang menyembah Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 9:38 - -- 9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padah...
9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padahal bagi orang Yahudi hanya Tuhan Allah yang boleh disembah. Iman orang ini sudah meningkat menjadi mantap. Ayat ini adalah satu--satunya di seluruh Injil Yohanes yang menceritakan orang menyembah Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 9:39 - -- 9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dap...
9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."
Dalam bagian ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh peristiwa ini. Ternyata penyembuhan orang buta sejak lahir serta perdebatan dengan orang-orang Farisi, merupakan suatu perumpamaan nyata, suatu perumpamaan yang menjadi riel, yang menyatakan keadaan hati mereka yang percaya, dan mereka yang menolak.786 Sebagai Terang Dunia (ayat 5) Dia telah datang. Penyembuhan yang baru terjadi mengiaskan peranan-Nya untuk menyatakan Allah di dunia ini.
Pada dasarnya kata menghakimi berarti "membedakan". Dia datang ke dalam dunia untuk membedakan orang-orang seperti dia yang disembuhkan dari orang-orang seperti mereka yang keras hati yang menolak kebenaran yang nyata.787
Kiasan ini dilatarbelakangi Yesaya 6:9-10 dan 42:18-20. Dia datang supaya barangsiapa yang tidak melihat (dan rela mengakui kebutaannya, seperti orang yang disembuhkan788), dapat melihat, yaitu supaya mereka mengerti bahwa Dialah Terang Dunia, dan Juru Selamat Dunia, supaya mereka diselamatkan.
Selain itu, mereka yang katanya dapat melihat,789 harus menjadi buta. Jika mereka menolak Terang Dunia (karena mereka merasa tidak ada perlu), mereka tidak dapat melihat Terang yang sebenarnya. Mereka tetap buta secara rohani. Mereka "orang buta yang menuntun orang buta" (Matius 5:14).
Hagelberg: Yoh 9:39 - -- 9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dap...
9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."
Dalam bagian ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh peristiwa ini. Ternyata penyembuhan orang buta sejak lahir serta perdebatan dengan orang-orang Farisi, merupakan suatu perumpamaan nyata, suatu perumpamaan yang menjadi riel, yang menyatakan keadaan hati mereka yang percaya, dan mereka yang menolak.786 Sebagai Terang Dunia (ayat 5) Dia telah datang. Penyembuhan yang baru terjadi mengiaskan peranan-Nya untuk menyatakan Allah di dunia ini.
Pada dasarnya kata menghakimi berarti "membedakan". Dia datang ke dalam dunia untuk membedakan orang-orang seperti dia yang disembuhkan dari orang-orang seperti mereka yang keras hati yang menolak kebenaran yang nyata.787
Kiasan ini dilatarbelakangi Yesaya 6:9-10 dan 42:18-20. Dia datang supaya barangsiapa yang tidak melihat (dan rela mengakui kebutaannya, seperti orang yang disembuhkan788), dapat melihat, yaitu supaya mereka mengerti bahwa Dialah Terang Dunia, dan Juru Selamat Dunia, supaya mereka diselamatkan.
Selain itu, mereka yang katanya dapat melihat,789 harus menjadi buta. Jika mereka menolak Terang Dunia (karena mereka merasa tidak ada perlu), mereka tidak dapat melihat Terang yang sebenarnya. Mereka tetap buta secara rohani. Mereka "orang buta yang menuntun orang buta" (Matius 5:14).
Hagelberg: Yoh 9:40 - -- 9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
M...
9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
Mereka heran bahwa Tuhan Yesus mengatakan hal itu. Mereka pasti bahwa mereka tidak buta, dan bahwa istilah itu tidak mungkin menjadi kiasan pada keadaan mereka.
Hagelberg: Yoh 9:40 - -- 9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
M...
9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
Mereka heran bahwa Tuhan Yesus mengatakan hal itu. Mereka pasti bahwa mereka tidak buta, dan bahwa istilah itu tidak mungkin menjadi kiasan pada keadaan mereka.
Hagelberg: Yoh 9:41 - -- 9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus...
9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus memakai istilah buta dengan arti "sesat, dan mau ditolong". Mereka tidak sadar dan tidak mau mengakui keperluan mereka, sehingga tidak ada pengampunan pada dosa mereka.
Hagelberg: Yoh 9:41 - -- 9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus...
9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus memakai istilah buta dengan arti "sesat, dan mau ditolong". Mereka tidak sadar dan tidak mau mengakui keperluan mereka, sehingga tidak ada pengampunan pada dosa mereka.